Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pelayanan E-Ticketing

e-ticketing merupakan proses penjualan dari aktiftas  perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket seperti e-ticketing pesawat danlainnya. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milikairline sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan . Beberapa peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem online. Denga mendaftar pada sistem pembayaran untuk menggunakan sarana tersebut . Ini merupakan proses yang  sederhana dan membantu para pengguna menyimpan data yang  telah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Pengguna  perlu mendaftar sebelum pengguna dapat mulai menjual tiket. Cara pendaftaran untuk meminta informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan pengguna untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket on-line.

Keuntungan  menggunakan e-ticketing peswat terbang.
  1. Terhindar kehilangan tiket pesawat secara fisik,  jadi jangan takut seandainya tiket hilang karena pada dasarnya, setelah kode booking dikonfirmasi, nama penumpang telah tercatat di sistem airlines
  2. Pengguna terhindar dari resiko void tiket yang disebabkan kesalahan penulisan pada paper ticket oleh travel agent
  3. Pengguna tidak perlu bertemu secara fisik dengan travel agent karena e-ticket bisa didapat melalui email, fax atau hanya berupa sms code booking, dan pembayaran bisa dilakukan dengan transfer via ATM atau internet/sms banking.
  4. Biaya komunikasi antara penumpang-travel agent dapat melalui komunikasi internet yang sudah sangat mudah diakses di mana-mana.
  5. Pengguna tidak perlu ragu-ragu lagi untuk mengunakan e-ticketing, dan lebih lanjutnya silahkan hubungi staff  karena perusahaan akan  berusaha memberikan pelayanan cepat, tepat dan terpercaya.

Contoh kasus penerapan e-ticketing pesawat terbang.
Permasalahan pada saat ini yaitu pelayanan transportasi udara yang sangat serius terjadi di wilayah perkotaan terutama di kota-kota besar dan kota metropolitan didunia. Dominasi pennggunaan pesawat terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat yang ada. Yang menyebabkan kepadatan penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport). Hal ini memunculkan problem klasik di setiap perusahaan maskapai penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal penerbangan yang tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan tiket adalah dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai penerbangan yang ada. Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan kita dalam memperoleh tiket .


Namun di balik kemudahan –kemudahan yang ada terdapat juga beberapa masalah diantaranya :
  • Tidak semua orang bisa mengoprasikan internet itu sendiri
  • Keterbatasan pihak maskapai penerbangan dalam memasarkan tiketnya secara online
  • Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online
  • Belum semua orang mengetahui dan paham betul tentang e-ticketing.
Solusi penerapan menggunkan e-ticketing pesawat terbang
Langkah pertama buka situs Web Check In Online Garuda Indonesia  https://www.garuda-indonesia.com/id/id/garuda-indonesia-experience/on-ground/check-in/index.page


Langkah kedua masukkan nomor booking reference anda pada kotak kosong yang tersedia 

Langkah ketiga  akan otomatis keluar nama sesuai pada saat memesan tiket pesawat. Jika memiliki kartu Frequent Flyer anda akan diminta memasukkan kode kartu Frequent Flyer.
Langkah keempat jika Anda telah memasukkan nomor dan tanggal secara benar, Anda akan menemukan laman yang menyatakan bahwa Anda telah tercatat melakukan check in. Pada langkah ini, Anda dapat memilih 3 opsi untuk menerima bukti bahwa Anda telah melakukan check in, yaitu melalui SMS, surat elektronik (email) atau langsung mencetak lembar tanda check in. Anda secara memiliki kursi yang telah ditentukan, namun melalui fasilitas ini turut dimungkinkan penggantian nomor kursi.
 Untuk mengubah nomer kursi
Setelah menerima SMS, email atau mencetak langsung dokumen check in, Anda tetap harus melaporkan diri di konter Check in di bandara. Hal ini dilakukan untuk memastikan kedatangan Anda sebelum keberangkatan atau menyerahkan barang bagasi.

Saya berharap dengan adanya layanan e-tikceting para pengguna  selalu berhati –hati dalam melakukan transaksi pembelian tiket secara online dan lakukan pemesan di situs web yang sudah diresmikan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar