e-ticketing merupakan proses penjualan dari aktiftas
perjalanan pelanggan tanpa harus
mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket seperti
e-ticketing pesawat danlainnya. Semua informasi mengenai electronic
ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milikairline
sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary
Receipt yang hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di
Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti
perjalanan . Beberapa peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan
kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan
fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan
dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Siapapun dapat membeli
tiket pada sistem online. Denga mendaftar pada sistem pembayaran untuk
menggunakan sarana tersebut . Ini merupakan proses yang sederhana dan membantu para pengguna
menyimpan data yang telah membeli tiket.
Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau
penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri
acara mereka. Pengguna perlu mendaftar
sebelum pengguna dapat mulai menjual tiket. Cara pendaftaran untuk meminta
informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat
yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan pengguna
untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket on-line.
Keuntungan menggunakan
e-ticketing peswat terbang.
- Terhindar kehilangan tiket pesawat secara fisik, jadi jangan takut seandainya tiket hilang karena pada dasarnya, setelah kode booking dikonfirmasi, nama penumpang telah tercatat di sistem airlines
- Pengguna terhindar dari resiko void tiket yang disebabkan kesalahan penulisan pada paper ticket oleh travel agent
- Pengguna tidak perlu bertemu secara fisik dengan travel agent karena e-ticket bisa didapat melalui email, fax atau hanya berupa sms code booking, dan pembayaran bisa dilakukan dengan transfer via ATM atau internet/sms banking.
- Biaya komunikasi antara penumpang-travel agent dapat melalui komunikasi internet yang sudah sangat mudah diakses di mana-mana.
- Pengguna tidak perlu ragu-ragu lagi untuk mengunakan e-ticketing, dan lebih lanjutnya silahkan hubungi staff karena perusahaan akan berusaha memberikan pelayanan cepat, tepat dan terpercaya.
Contoh kasus penerapan e-ticketing pesawat terbang.
Permasalahan pada saat ini yaitu pelayanan
transportasi udara yang sangat serius terjadi di wilayah perkotaan terutama di
kota-kota besar dan kota metropolitan didunia. Dominasi pennggunaan pesawat
terbang dalam melalukan perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat yang
ada. Yang menyebabkan kepadatan
penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport). Hal ini memunculkan problem klasik di setiap
perusahaan maskapai penerbangan, seperti halnya masalah rute penerbangan,jadwal
penerbangan yang tidak tepat dan pemesanan tiket dan lain-lain.
Salah satu solusi yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan tiket adalah dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai penerbangan yang ada. Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan kita dalam memperoleh tiket .
Salah satu solusi yang fundamental dari pemerintah khususnya mengenai pemesanan tiket adalah dengan menerapkan system e-ticketing pada setiap maskapai penerbangan yang ada. Karena dengan adanya system e-ticketing dapat memudahkan kita dalam memperoleh tiket .
Namun di balik kemudahan –kemudahan yang ada
terdapat juga beberapa masalah diantaranya :
- Tidak semua orang bisa mengoprasikan internet itu sendiri
- Keterbatasan pihak maskapai penerbangan dalam memasarkan tiketnya secara online
- Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online
- Belum semua orang mengetahui dan paham betul tentang e-ticketing.
Solusi penerapan menggunkan e-ticketing pesawat
terbang
Langkah pertama buka
situs Web Check In Online Garuda Indonesia
https://www.garuda-indonesia.com/id/id/garuda-indonesia-experience/on-ground/check-in/index.page
Langkah kedua masukkan nomor booking reference anda pada
kotak kosong yang tersedia
Langkah ketiga akan otomatis keluar nama sesuai pada saat memesan tiket pesawat. Jika memiliki kartu Frequent Flyer anda akan diminta memasukkan kode kartu Frequent Flyer.
Setelah
menerima SMS, email atau mencetak langsung dokumen check in, Anda tetap harus
melaporkan diri di konter Check in di bandara. Hal ini dilakukan untuk
memastikan kedatangan Anda sebelum keberangkatan atau menyerahkan barang
bagasi.
Saya berharap dengan adanya layanan e-tikceting para
pengguna selalu berhati –hati dalam
melakukan transaksi pembelian tiket secara online dan lakukan pemesan di situs web yang sudah
diresmikan.
0 comments:
Posting Komentar