Animasi merupakan
sekumpulan gambar yang bergerak dengan cepat dan secara terus menerus sesuai
dengan waktu yang di tentukan.
Jenis- jenis
animasi
Animasi terdapat
beberapa jenis animasi yang berbeda dan kualitas yang berbeda juga. Pemilihan
animasi tergantung terhadap kebutuhan. Berikut jenis animasi :
- Motion Path: Motion Path adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
- Animasi Marque: Animasi ini bisa kita temukan di website-website menampilkan barisan teks yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya.
- Animasi Fade: Kita sering melihat animasi sebuah objek dari semula utuh lalu lambat laun memudar dan menghilang, jenis animasi semacam ini disebut animasi fade.
- Animasi Rotasi: Sesuai dengan namanya, objek dibuat bergerak memutar, seperti animasi jam, model kincir, putaran roda, dan lain-lain. Arahnya bisa searah jarum jam (CW: Clock Wise) atau berlawanan dengan jarum jam (CCW: Counter Clock Wise).
- Animasi Blink: Jenis animasi ini objek dibuat berkedip seperti bintang antau lampu disco.
- Animasi Shape: Animasi Shape adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
- Animasi Masking: Animasi Masking adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.
Pembuatan Animasi
Dalam pennulisan ini
akan menjelaskan cara pemuatan Animasi Gelembung dengan Macromedia Flash 8.
1. Buatlah sebuah flash document berwarna biru.
1. Buatlah sebuah flash document berwarna biru.
2. Buatlah sebuah lingkaran berwarna biru dengan putih sebagai warna garisnya dan buatlah
juga seperempat garis lingkaran berwarna putih yang ditempatkan ditengah lingkaran tersebut seperti gambar di bawah
ini :
4. Hapus movie clip gelembung dari stage kemudian tekan Ctrl+L. Pada panel library yang muncul klik kanan movie clip gelembung dan pilih linkage.
5. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan gelembung sebagai idetifier lalu tekan ok.
6. Klik frame 1 dan
tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan
script berikut :
//perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan onEnterFrame = function () { //jika nilai acak 10 bernilai 5 if (random(10) == 5) { //masukkan movie clip berlinkage gelembung ke dalam stage dengan posisi x sesuai nilai acak panjang stage dan posisi y sesuai lebar stage ditambah 20 gelembung = attachMovie("gelembung", "gelembung"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(Stage.width), _y:Stage.height+20}); //membuat variable waktu di dalam movie clip gelembung dengan nilai acak 40 gelembung.waktu = random(40); //perintah yang dijalankan ketika frame di dalam movie clip gelembung dimainkan gelembung.onEnterFrame = function() { //koordinat y movie clip ini dikurangi 5 //movie clip gelembung bergerak ke atas this._y -= 5; //variable waktu movie clip ini ditambah 1 this.waktu++; //jika nilai variable waktu kurang dari 20 if (this.waktu<20) { //koordinat x movie clip ini ditambah 1 //movie clip gelembung bergerak ke kanan this._x++; } //jika nilai variable waktu lebih dari 20 dan jika nilai variable waktu kurang dari 40 if (this.waktu>20 && this.waktu<40) { //koordinat x movie clip ini dikurangi 1 //movie clip gelembung bergerak ke kiri this._x--; } //jika nilai variable waktu lebih dari 40 if (this.waktu>40) { //ubah nilai variable waktu menjadi 0 this.waktu = 0; } //jika koordinat y movie clip ini kurang dari -20 if (this._y<-20) { //hapus move clip ini removeMovieClip(this); } }; //ketika mouse berada di atas movie clip gelembung gelembung.onRollOver = function() { //hapus movie clip ini removeMovieClip(this); }; } };
7. Tekan ctrl+Enter untuk melihat hasilnya dan anda dapat
mengembangkan animasi gelembung di atas misalnya dengan menambahkan animasi
pecah apabila gelembung disentuh oleh mouse.
0 comments:
Posting Komentar